Microsoft Tablet : Surface



Nama Surface ini mengingatkan kita dengan prototype meja masa depan Microsoft Surface yang futuristik. Namun kali ini nama Surface digunakan oleh Microsoft untuk nama tablet besutannya.
Kehadiran Surface menandai babak baru persaingan di perangkat tablet. Surface digadang-gadangkan akan menjadi pesaing iPad. Microsoft sepertinya siap menyerang. Sebab, raksasa perangkat lunak itu juga bersiap merilis secara resmi sistem operasi terbaru mereka: Windows 8.
Dilansir Inquirer Technology, CEO Microsoft Steve Ballmer mendeskripsikan bahwa tablet besutannya ini memiliki bentuk yang tipis dan siap menjadi penantang tablet buatan Apple, iPad.
"Surface ini adalah PC, Surface juga sebuah tablet dan di dalamnya ada banyak hal baru yang dapat membuat orang jatuh cinta kepada perangkat ini," ujar Ballmer saat memperkenalkan Surface kepada media di Milk Studio, Los Angeles, AS.
Untuk melawan Apple yang sukses dengan iPad, Microsoft memulainya dengan menjadi produsen tablet sendiri, serta membuat sistem operasi Windows 8 khusus tablet, yang diberi nama Windows 8 RT.


Ballmer mengatakan, sistem operasi Windows 8 RT yang menjalankan tablet Surface, memiliki tampilan yang sama dengan Windows 8 yang berjalan di personal computer (PC).
Seperti diketahui, Windows merupakan sistem operasi PC yang paling banyak digunakan di dunia. Microsoft hendak menghadirkan pengalaman yang sama ketika pengguna menjalankan Windows 8 di tablet maupun di komputer PC dan laptop.
Sementara itu, menurut analis Sarah Rotman Epps dari perusahaan riset Forrester, ia tidak melihat bahwa Surface akan membunuh iPad.
"Tapi Surface memiliki banyak potensi untuk itu. Dan yang pasti, produk ini akan menjadi titik balik penting bagi Microsoft," katanya.
Surface mengusung layar gorila glass berukuran 10,6 inci dengan resolusi 1366 x 768 piksel berjenis kapasitif multi-touchscreen.
Penampilan tablet ini cukup elegan dan dilengkapi keyboard berdesain unik serta desain penyangga tablet yang sangat mirip dengan Apple Smart Cover milik iPad. Microsoft menyebutnya Touch and Type Cover.
Surface akan meluncur dalam dua versi dan tersedia dalam pilihan kapasitas memori internal. Versi pertama, yang menggunakan prosesor berarsitektur ARM, yang disebut-sebut lebih ringan dan tipis. Surface dengan prosesor ARM datang dengan kapasitas memori internal 32GB dan 64GB.
Versi kedua, tablet Surface dengan prosesor berarsitektur Intel. Tablet versi ini bentuknya lebih berat dan lebih tebal, namun dibekali kapasitas memori internal lebih besar, yakni 64GB dan 128GB.
Belum diketahui berapa harga dan waktu peluncuran dari tablet anyar besutan Microsoft ini. Namun, diiperkirakan kehadiran Surface bakal semakin menggairahkan pasar tablet dunia.



source:inilah.com

0 comments:

Poskan Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger