Jet Tempur Dunia : Perkembangan Dari Masa Ke Masa

Sekitar 67 tahun juga sejarah panjang para prajurit besi di langit terbang.Pesawat jet sebenarnya sudah mulai berterbangan dari sekitar tahun 1910-an,tapi untuk pesawat jet tempur yang bisa benar-benar bisa bertarung baru muncul di tahun-tahun akhir perang dunia kedua.
Berakhirnya perang dunia kedua tidak membuat perkembangan jet pembunuh berhenti sampai sekarang.Dan dari 67 tahun yang lalu,para burung besi tersebut sudah berevolusi begitu cepatnya.

ERA 1940-an

Messerschmitt ME 262
Inilah pesawat jet tempur pertama di dunia,dan pesawat yang paling ditakuti pasukan sekutu waktu itu.Lahir dimasa perang dunia kedua,pesawat milik Nazi Jerman itu jadi momok paling menakutkan bagi pilot di seluruh dunia.Dengan kecepatan hingga 855km/jam pada ketinggian 8.000 m,pesawat ini mampu mengejar setiap pesawat sekutu.Biarpun begitu,pesawat ini juga punya kelemahan.Kecepatannya yang begitu tinggi membuat pesawat ini sangat sulit dikendalikan bahkan oleh pilot berpengalaman sekalipun.


ME 262

ME 262

ME 262



ERA 1950-an

F-86 Sabre
Tak lama usai perang dunia kedua,dunia kembali terjebat ke dalam konflik Perang Dingin dan mulai memanas hingga terjadi Perang Korea tahun 1950-an. (link ke artikel sendiri tentang perang dingin)

Negara-negara industri maju dunia kembali terpacu menciptakan jet tempur canggih dan lebih baik dari generasi sebelumnya.Kecepatan menjadi faktor penting ketika para pilot veteran perang mendambakan pesawat tempur yang lincah,kecil dan cepat.

F-86 Sabre

F-86 Sabre

Mikoyan-Gurevich MiG-15
Mikoyan-Gurevich MiG-15 (bahasa Rusia: Микоян и Гуревич МиГ-15) (kode NATO Fagot) adalah pesawat tempur jet yang dikembangkan untuk Uni Soviet oleh Artem Mikoyan dan Mikhail Gurevich. Pesawat ini aktif dipergunakan dalam Perang Korea dan di kemudian hari diproduksi di berbagai negara, seperti Polandia, Cekoslowakia dan Republik Rakyat Cina.

MiG-15

MiG-15


Dassault Mystere (Perancis)
merupakan sebuah pesawat tempur buatan Perancis pada tahun 1950-an.
di lengkapi senjata api : 2 x 30mm DEFA cannons with 150 round per gun.
Roket : 2x matra rocket pods with 18 x SNEB 68mm rocket

Dassault Mystere

Dassault Mystere

ERA 1960-an

Mikoyan-Gurevich MiG-21
Perang Vietnam yang terjadi sekitar tahun 1960-1970-an menjadi ajang pertempuran jet-jet tempur buatan Uni Soviet dan AS.Pada waktu itu,MiG-17 dan MiG-19 nya Soviet keteteran menghadapi F-4 Phantom II yang datang menggantikan F-86 Sabre.Tapi ketika Soviet berhasil memproduksi jet tempur MiG-21,dominasi F-4 Phantom II di perang Vietnam langsung digantikan MiG-21.

MiG-21 yang sanggup mengusung bom berkepala nukir di Perang Vietnam merupakan ancaman serius bagi AS.Peswat ini sebenarnya merupakan jet tempur pengembangan dari generasi sebelumnya,yaitu MiG-19.

MiG-21

MiG-21

Dassaul Mirage III
Dassault Mirage III adalah sebuah pesawat tempur supersonik yang dibuat di Perancis oleh Dassault Aviation selama tahun 1950, dan dimanufaktur baik di Perancis maupun di beberapa negara lainnya. Pesawat ini adalah pesawat tempur yang sukses, dijual ke berbagai pasukan udara di seluruh dunia dan tetap diproduksi. Beberapa pasukan udara kecil lainnya yang masih menerbangkan Mirage III, contohnya pasukan udara di Negara Argentina, Chili, Kolombia, Mesir, Gabon, Libya, Pakistan (operator terbesar), Peru, dan Venezuela.

Dassault Mirage III
Dassault Mirage III


F-4 Phantom II
F-4 Phantom II adalah pesawat tempur pengebom buatan Amerika Serikat. Pesawat ini berukuran besar, bermesin ganda dan terutama digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat, Angkatan Laut Amerika Serikat, serta Korps Marinir Amerika Serikat. Saat ini F-4 sudah pensiun di Amerika Serikat, tetapi masih aktif di beberapa negara di luar Amerika serikat, seperti di Iran dan Israel. Sampai tahun 2001 masih ada 1000 pesawat jenis ini yang digunakan di 11 negara.

F4
F-4

A-4 Skyhawk
A-4 Skyhawk adalah pesawat serang yang awalnya dirancang untuk beroperasi di atas kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat. Pesawat ini dirancang dan diproduksi oleh Douglas Aircraft Corporation (yang kemudian menjadi McDonnell Douglas) dan awalnya diberi nama 'A4D' sesuai dengan sistem penamaan proyek dalam Angkatan Laut AS pra-1962.

Lima puluh tahun setelah terbang perdana pesawat tempur ini, masih ada beberapa dari hampir 3000 Skyhawk yang telah diproduksi tetap menjadi tulang punggung beberapa angkatan udara di dunia, termasuk yang masih diterbangkan dari kapal induk

A-4 Skyhawk

A-4 Skyhawk


ERA 1970-an

Harrier
Teknologi semakin maju.Jet tempur yang ideal di kapal induk macam A-4 Skyhawk pun seolah tidak cukup.Maka lahirlah si “Jet Loncat” Harrier yang dirancang oleh militer Inggris.Pesawat ini mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal seperti helikopter,jadi lebih ideal untuk dipakai di atas kapal induk.

Harrier

Harrier

Mikoyan-Gurevich MiG-25
Mig-25 mempunyai kemampuan melaju sampai dengan kecepatan Mach 2,8 (MiG-25 dapat melaju hingga Mach 3,2, namun hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada mesin). Dirancang untuk mencegat pesawat mata-mata musuh yang berkecepatan tinggi, juga digunakan untuk intai (MiG 25 R) yang berkemampuan terbang tinggi melebihi kemampuan pesawat tempur biasa. Memiliki kemampuan menembak sama telaknya dengan F-14 Tomcat tetapi tidak bisa disejajarkan dengan Tomcat karena jarak radarnya (fox fire) pendek. Pesawat ini merupakan salah satu pesawat tempur tercepat di dunia yang pernah diproduksi.

MiG-25

MiG-25

ERA 1980-an

Di dekade ini banyak jet-jet tempur canggih legendaris yang masih dipakai sampai sekarang.Sekaligus sebagai simbol kekuatan udara Blok Timur dan Barat pada masa itu.

F-15 Eagle
Jet tempur yang begitu dibangga-banggakan AS pada waktu itu memang punya kemampuan super pada masanya.Bahkan boleh dibilang salah satu jet tempur terbaik yang pernah diciptakan.F-15 adalah pesawat tempur taktis segala cuaca.Mampu membawa tangki bahan bakar cadangan dan persenjataan lengkap membuatnya pernah menjadi salah satu pengawal terbaik Air Force One.AS sebenarnya masih punya F-14 pada waktu itu,dengan kemampuan yang tidak kalah hebat dari F-15.Tapi sayangnya,prestasi F-15 masih lebih baik dari F-14 karena F-15 sebenarnya adalah penyempurnaan dari F-14.

F-15

F-15

Mikoyan MiG-29
Mikoyan MiG-29 adalah pesawat tempur yang dibuat oleh biro desain Mikoyan-Gurovich (MiG) Rusia, dirancang untuk menggantikan pesawat MiG-21, MiG-23, Su-15, dan Su-17. Dimana kemampuan MiG-29 sama dengan pesawat tempur Amerika Serikat F-18 Hornet.

MiG-29

MiG-29


F/A - 18 Hornet
F/A-18 Hornet buatan McDonnell Douglas (kini menyatu ke dalam Boeing) adalah pesawat tempur supersonik serbaguna yang dapat dioperasikan dari dan ke kapal induk di segala cuaca, dirancang untuk dapat bertempur di udara dan menyerang sasaran di darat . F/A adalah inisial untuk fighter (tempur) dan attack (serang)).

F/A-18 Hornet

F/A-18 Hornet

Sukhoi Su-27
Inilah jet tempur buatan Uni Soviet selain MiG-21 yang mampu membuat Blok Barat ketar-ketir.Sukhoi-27 memang diciptakan untuk mengalahkan F-15 buatan Amerika.Jet tempur ini juga satu-satunya jet tempur yang mampu melakukan manuver-manuver ekstrim yang tidak bisa dilakukan oleh jet tempur lainnya.Dan manuver yang paling fenomenal adalah “Cobra Manuver”
Sukhoi Su-27 (kode NATO: Flanker) adalah pesawat tempur yang awalnya diproduksi oleh Uni Soviet, dan dirancang oleh Biro Desain Sukhoi. Pesawat ini direncanakan untuk menjadi saingan utama generasi baru pesawat tempur Amerika Serikat (yaitu F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, dan F/A-18 Hornet). Su-27 memiliki jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan yang tinggi. Pesawat ini sering disebut sebagai hasil persaingan antara Sukhoi dengan Mikoyan-Gurevich, karena Su-27 dan MiG-29 berbentuk mirip. Ini adalah keliru, karena Su-27 dirancang sebagai pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan MiG-29 dirancang untuk mengisi peran pesawat tempur pendukung jarak dekat.

Sukhoi-27

Sukhoi-27


Sukhoi Su-30
Sukhoi Su-30 (kode NATO: Flanker-C) adalah pesawat tempur yang dikembangkan oleh Sukhoi Rusia pada tahun 1996. Pesawat ini adalah pesawat tempur multi-peran, yang efektif dipakai sebagai pesawat serang darat. Pesawat ini bisa dibandingan dengan F/A-18E/F Super Hornet and F-15E Strike Eagle Amerika Serikat.

Sukhoi Su-30

Sukhoi Su-30


F-16 Fighting Falcon
F-16 dikenal memiliki kemampuan tempur di udara yang sangat baik, dengan inovasi seperti tutup kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan, gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol pada kecepatan tinggi, dan kursi kokpit yang dirancang untuk mengurangi efek g-force pada pilot. Pesawat ini juga merupakan pesawat tempur pertama yang dibuat untu menahan belokan pada percepatan 9g.

F-16

F-16

Dassault Mirage 2000
Dassault Mirage 2000 adalah pesawat tempur multirole Perancis, bermesin tunggal ,jet tempur generasi keempat ,diproduksi oleh Dassault Aviation. Ia dirancang sebagai pesawat tempur ringan berdasarkan Dassault Mirage III pada akhir tahun 1970 untuk Angkatan Udara Perancis. Mirage 2000 berkembang menjadi pesawat multirole sukses dengan beberapa varian yang dikembangkan. Varian termasuk 2000N dan Mirage 2000D varian strike, telah meningkatkan Mirage 2000-5 dan ekspor beberapa varian. Lebih dari 600 pesawat dibangun dan dalam pelayanan di sembilan negara pada 2009.

Dassault Mirage 2000

Dassault Mirage 2000


Eurofighter Typhoon
Eurofighter Typhoon adalah sebuah pesawat tempur multi peran delta-canard bermesin ganda super lincah, dirancang dan dibuat oleh sebuah konsorsium negara-negara Eropa yang dibentuk pada 1983. Dalam rancangan dia menyerupai pesawat tempur modern Eropa lainnya, Dassault Rafale Perancis dan Saab Gripen Swedia. Karena kombinasi kelincahan, fasilitas stealth dan sistemnya yang modern dia dipandang luas sebagai pesawat tempur hebat.

Eurofighter Typhoon

Eurofighter Typhoon

ERA 2000-an

F-22 Raptor
Kemampuan pesawat dengan teknologi “siluman” memang bukan yang pertama.Tapi mulai diaplikasikan pada jet tempur seperti F-22.Jet tempur ini juga berbeda dengan beberapa pendahulunya,dimana senjata seprti rudal dan bom berada di dalam pesawat.Ini dimaksudkan untuk memaksimalkan badan pesawat yang menggunakan bahan penyerap radar,sehingga sulit dideteksi musuh.
Pesawat yang sudah mulai dikembangkan tahun 90-an ini merupakan jet tempur kesayangan AS sampai sekarang.AS tidak pernah mau menjual F-22 ke negara lain,karena ditakutkan itu akan menjadi ancaman terhadap negara sendiri.Karena F-22 dirancang untuk menjadi jet fighter superior untuk menggantikan F-15 yang dulu pernah begitu superior.

F-22

F-22

F-22


Sukhoi dan kawan-kawan dari Uni Soviet (ketika Uni Soviet pecah,Rusia sampai saat ini masih belum memperkenalkan jet tempur generasi baru)


F-35 Lightning II
F-35 Lightning II adalah hasil pengembangan dari pesawat X-35 dalam program Joint Strike Fighter. Pesawat ini adalah pesawat tempur berkursi tunggal, bermesin tunggal, yang dapat melakukan banyak fungsi, antara lain pertempuran udara-ke-udara, dukungan udara jarak dekat, dan pengeboman taktis. Pengembangan pesawat ini dibiayai oleh Amerika Serikat, Britania Raya dan beberapa negara lainnya. Pesawat ini dikembangkan dan diproduksi oleh industri kedirgantaraan yang dipimpin oleh Lockheed Martin serta dua rekan utamanya, BAE Systems dan Northrop Grumman. Pesawat demonstrasi pertama kali terbang pada tahun 2000, dan pesawat versi produksi pertama kali terbang pada 15 Desember 2006.
salah satu jet tempur tercanggih didunia.Dengan kemampuan siluman,take-off vertikal macam Harrier dan peralatan radar juga piranti perang elektronik canggih macam F-22.Bisa digunakan disegala cuaca siang dan malam.Kalo boleh dibilang,jet tempur ini tidak punya lawan yang berarti saat ini.Perusahaan pembuatnya bahkan berani memprediksi bahwa F-35 akan menjadi jet tempur tanpa lawan sampai 40 tahun kedepan.Dan rencananya,angkatan udara AS akan memakai teknologi yang ada di F-35 untuk mengupgrade kemampuan F-22.

F-35 Lightning II

F-35 Lightning II


Pesawat ini adalah jet tempur serba bisa,pertarungan dari udara ke udara,menghancurkan musuh di darat,pesawat pembom.Karena perannya yang banyak,secara umum pesawat ini tidak sehebat F-22 untuk urusan berantem di langit.Jet ini juga dikembangkan oleh kerja sama antara Amerika,Inggris,Turki,Denmark,Italia,Belanda,Kanada,Australia dan Norwegia.
Saingan berat F-22 dan F-35 mungkin datang dari Rusia dengan Sukhoi T-50.

Sukhoi T-50
Pesawat supersonik yang terbang untuk pertama kalinya di pameran udara MAKS 2011, di dekat Moskow itu, didesain untuk mengimbagi F-22 dalam kemampuan operasionalnya. Demikian dilaporkan BBC, Rabu (17/8) kemarin.

Sukhoi T-50 itu memudahkan pilot untuk melakukan manuver yang sebelumnya tidak dapat dilakukan dengan pesawat-pesawat tipe terdahulu. Rusia berencana memproduksi 1,000 Sukhoi T-50 itu dalam beberapa dekade mendatang dengan harapan India akan membeli 200 unit di antaranya.

T-50 dilengkapi kemampuan menghadapi segala cuaca dan mampu terbang hanya menggunakan jalur pacu sepanjang 300 hingga 400 meter, dapat melakukan penerbangan supersonik jarak jauh dengan menggunakan pengisian bahan bakar di udara, dan kemampuan menyerang target udara dan darat bersamaan.

Media massa Rusia melaporkan bahwa tahun lalu lebih dari 10 milyar USD dialokasikan untuk proyek produksi jet tempur siluman yang akan dipasarkan dengan harga 100 juta USD per unit. Adapun F-22 Raptor produksi Amerika Serikat yang prototipenya dipamerkan untuk pertama kalinya lebih dari 20 tahun lalu, dijual dengan patokan harga 140 USD per unit. 


Sukhoi T-50
Sukhoi T-50

source : http://ayodonkbaby.wordpress.com and wikipedia

0 comments:

Poskan Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger