Virginia Class : Kapal Selam Canggih Asal AS


Virginia Class


kapal ini menerapkan teknologi sonar sebagai pengganti periskop.
Spesifikasi kapal selam V-Class merupakan pengembangan kapal jenis Trident dan Seawolf yang memaksimalkan teknologi sonar yang dibangun di galangan General Dynamics Electric Boat Division (GDEBD) Washington, ini dilaporkan oleh harian Courant-Times. Of course, kapal nuklir ini ditujukan mendukung militer AS dalam penerapan teknologi rudal balistik.
Teknologi kapal V-Class menjadi terobosan pertama sejak AS membuat kapal selam berperiskop 100 tahun silam. Dengan teknologi sonarnya, V-Class bisa memindai dan memetakan dasar laut, daratan dan obyek dalam radius puluhan kilometer. V-Class akan membawa 150 rudal Tomahawk dan rudal balistik yang menjangkau sasaran di daratan.



Sejak AS membuat kapal selam berperiskop 100 tahun silam, teknologi kapal V-Class menjadi terobosan pertama. V-Class bisa memindai dan memetakan dasar laut, daratan dan obyek dalam radius puluhan kilometer dengan teknologi sonarnya. Untuk menjangkau sasaran di daratan, V-Class akan membawa 150 rudal Tomahawk dan rudal balistik.


Hidungnya yang berbentuk kubah dan membuatnya mampu memecah gelombang sonar kapal musuh sehingga keberadaannya sulit dideteksi adalah keunikan dari V-Class. Karena menggunakan teknologi ini maka V-Class dijuluki “kapal siluman”. V-Class juga dilengkapi kapal selam mini (mini submarine) serta ruang kedap udara untuk keluar masuk awak kapal. Hal ini untuk misi intelejen.

Untuk lebih jelasnya, mari kita sedikit membedah tentang isi perut dalam kapal selam militer yg digadang - gadang sebagai kapal selam militer tercanggih saat ini .






BAGIAN DEPAN


Ruang Istirahat
Punya fasilitas permanen berupa tempat tidur bertingkat bagi 119 orang. Bila Virginia melakukan tugas khusus maka sebanyak 41 tempat tidur tambahan bisa dibuat pada ruang terpedo.

Bagasi 
Punya nama lain Lockout Trunk, Virginia bakal menjadi kapal selam pertama yang dilengkapi dengan bagasi built in. Bukan untuk menampung barang bawaan, bagian ini dipakai untuk jalan keluar masuk pasukan khusus (Navy Seal) ke kapal selam. Sebanyak 9 orang pasukan bisa ditampung sekaligus pada ruang bertekanan ini.

Komando Pengendali
Pemakaian teknologi fiber optik membuat desain ruang komando pengendali pada Virginia melenceng dari pakem sebelumnya. Sekarang ruang tersebut bisa ditempatkan pada dek tingkat kedua. Alasannya, kapal selam ini tak lagi memakai periskop konvensional. Revolusi lain yang diaplikasikan adalah soal tata ruang lega, dipenuhi dengan tampilan informasi berlayar lebar kini jadi karakternya. Semua dilakukan untuk memperlancar keputusan yang bakal diambil sang komandan.

Masts
Mungkin lebih gamblang disebut sebagai antena pada kapal selam. Disini spesiesnya beragam tapi yang jelas semua berhubungan dengan perangkat elektronik. Tipe-tipe yang diusung Virginia adalah :
ESM - Kepanjangan dari Elektronic Support Measures kalau di simak akan terdiri dari antena GPS dan penerima gelombang radar yang dipancarkan oleh pesawat, kapal permukaan, dan kapal selam
Penerima Data - Antena Transmisi data berkemampuan tinggi
Antena Multifungsi - Penerima gelombang radio dan antena transmisi
Antena Pengatur Misi - Antena ini terhubung dengan pusat untuk melakukan aksi penugasan misi dalam kapal selam
Antena Photonics - Terdapat kamera pengintai. Perangkat ini menggantikan periskop konvensional

Ruangan Terpedo
Ruang terpedo, rudal, maupun ranjau dilontarkan dari empat tabung pengoprasiannya, dilakukan dengan bantuan pompa turbin udara (ATP-Air Turbine Pump) pompa ini memaksa air untuk masuk ke dalam tabung pelontar sesaat sebelum peluncuran. Begitu ada perintah penembakan maka senjata tadi akan melesat meninggalkan kapal selam setelah melalui pintu putar.

Penyerang Darat 
Selain tabung terpedo, Virginia juga dilengkapi dengan selusin sistem pelontar vertikal (VLS-Vertikal Launcing System). Dengan tabung pelontar beraliran VLS maka kapal selam ini juga punya kemampuan serang darat.

Lambung 
Metal berkualitas nomor satu merupakan bahan dasar lambung Virginia. Tak dijelaskan tipikal metal yang dipakai. Namun yang jelas bahan tadi mesti bisa menahan tekanan hingga kedalaman laut 800 kaki. Selain metal juga ditempeli dengan lapisan semacam karet.

Kubah Hidung
Kubah pada bagian hidung Virginia terbuat dari bahan komposit. Dengan demikian maka gelombang suara bisa menerobos hingga bola sonar

Bola Sonar
Piranti Hydrophone diletakkan pada bola sonar. Punya sisitem kerja pasif, alat ini bisa mendeteksi gelombang suara yang dihasilkan oleh suatu benda dari jarak bermil-mil.

Sonar 
Kalau makhluk hidup mempunyai indera keenam, maka ia pantas menyendang predikat luar biasa. Nah, bila disimak, Virginia punya indera pengendus sebanyak tujuh buah indera pengendus, indera pengendus yang biasa disebut sonar ini tersebar di sekujur tubuhnya mulai dari bagian dagu, menara, bagian bawah hingga buntut kapal. Dari sekian banyak perangkat, sonar dibagian dagu yang terhitung jadi barang baru. Dengan alat tadi maka awak Virginia bisa tahu karakter dasar samudera hingga posisi ranjau laut dengan akurat.



BAGIAN TENGAH

ASDS
Virginia juga dilengkapi dengan wahana bawah air ASDS (Advenced SEAL Delivery System), wahana ini berfungsi untuk menghantarkan pasukan khusus dalam operasi penyusupan pantai.

Ruang Mesin 
Terletak berdekatan dengan tangki. Disinilah sebenarnya kelangsungan hidup kapal bergantung, mulai dari sistem propulsi, pembangkitan listrik, sistem hydrolik, kompresor udara, sistem destilasi air laut, hingga pengondisian udara, semuanya jadi satu di ruang mesin.

Ruang Kemudi
Dari namanya saja sudah bisa ditebak tugas yang harus dilakukan awak di ruang ini. Benar, mereka bertugas untuk mengontrol kinerja turbin propulsi. Selain itu masih ada lagi, kinerja generator listrik serta reaktor nuklir adalah tanggung jawab lain dari petugas di ruang kendali.

Kompertemen Reaktor 
Sumber pakan bagi propulsi kapal selam terletak pada kompartemen reaktor. Walau tak disebutkan tipe reaktor yang diadopsi, namun dipercaya Virginia mencomot reaktor nuklir paling canggih saat ini.



BAGIAN BELAKANG



Tabung Baling-baling (Propulsor Duct)
Ini merupakan salah satu karakter khas Virginia yang paling gampang dikenali dari luar. Mereka menyebutnya dengan nama Propulsor Duct. Bila diartikan kurang lebih sama dengan tabung pelindung baling-baling propulsi kapal selam .

Tanki Ballast/Trim
Tangki yang terletak di bagian depan dan belakang kapal berfungsi untuk menampung air ketika kapal akan menyelam. Sebaliknya agar bisa kembali ke permukaan maka kedua tangki tadi mesti di kosongkan. Selain itu ada pula tangki yang bernama trims tanks, bagian tadi berguna untuk mengatur keseimbangan serta bobot saat menyelam

coontrol room

inside



source : http://jurnalmiliter.blogspot.com/2012/04/as-masih-terus-memproduksi-mesin.html




3 comments:

Anonim mengatakan...

Many people argue that eating too many plants grown with
commercial fertilizers or pesticides can cause health problems.
5 will decrease the availability of lead from your soil. Without fertilizing additives
(natural or chemical), plants will be stunted and unhealthy.


my blog post: annex

Anonim mengatakan...

This makes the mixing phase a lot easier, just put in your concrete and water,
and off you go by the wheelbarrow load. Another benefit of rubber mulch versus typical mulch is its lifespan.
Say we are laying out a simple home 30' x 45'; if the last dimension was forty feet instead of
forty-five then the cross corner measurement
would be fifty feet.

Anonim mengatakan...

With the ability to actually alter the texture and condition of the hair
with clever and fashion-forward hair styling products, Rusk Being products are sure to intrigue the
hair product lover in all of us. As natural products don't have any side-effects, you can rest assured for healthy hair. It is designed for professionals so you know you're
getting top performance.

Feel free to surf to my blog ... hair products

Poskan Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger