Andy Timmons : Sang Jagoan Gitar



Permainan gitaris yang satu ini benar-benar nyaris sempurna. Jika Anda menyimak permainannya, Andy benar-benar menguasai hampir semua teknik permainan gitar dengan baik di berbagai macam warna musik, dari speed, vibrato, blues, tapping, dll dimainkan dengan sempurna. Sekilas permainan Andy kedengaran seakan musik Stevie Ray Vaughn, George Lynch, Nuno Bettencount dan Reb Beach disatukan. Andy pantas disebut sebagai seorang jagoan. 

Andy Timmons dikenal sejak dia bergabung dengan band terkenal "Danger Danger" (dibangun oleh bassist Michael Bolton) yang menggantikan gitaris sebelumnya (Tony Rey). Danger Danger sendiri menghasilkan album yang cukup sukses "Screw It" dengan lagu hitsnya "I Still Think About You" dan "Slipped Her The Big One". Dari rekaman ini permainan Andy mendapat banyak perhargaan sampai perusahaan electric guitar terkemuka "Ibanez" dan senar gitar "D'addrio" meng-endorse Andy dan membuatkan Andy Electric Guitar Ibanez Andy Timmons (AT 100) Signature Series. Andy Timmons sendiri sangat terkenal di negara Jepang. 

 

Keberhasilan, kepopularan dan penghargaan yang diperoleh Anda adalah hasil dari ketekunan, bakat, pendidikan dan pengalaman dari latihan di studio dan panggungnya. Andy belajar gitar klasik di Universitas Evansville, Indiana (kampung halamannya sendiri), dan belajar gitar jazz di Universitas Miami. Selanjutnya, sebagai salah satu warga Texas, Andy memperdalam kemampuannya dalam blues. 

Selanjutnya Andy bergabung dengan Danger Danger pada tahun 1989 yang menghasilkan 2 lagu yang masuk dalam Top 10 MTV dan tour ke seluruh dunia. Gaya permainan Andy ternyata mendapat pujian dari industri musik international dan fansnya. 

Andy kembali ke Dallas, Texas pada akhir tahun 1993 untuk memulai solo karirnya dengan teman lamanya Mike Daane (bass) dan Mitch Marine (drums). Tidak lama kemudian album solo pertamanya "ear X-tacy" selesai. Majalah Guitar World menyebut album ini sebagai karya besar instrumental guitar. Album yang sakti dan kaya dengan segala warna musik akhirnya beredar di USA dan luar negeri dengan label Sony Records Japan dan EMI/Virgin. 

Andy kemudian beristirahat sejenak dari solo karirnya dan mengeluarkan album blues bersama bandnya "the Pawn Kings". Pada project ini Andy mendapat kesempatan untuk gabung dengan bassist Mike Medina dan Hammond B-3 guru Tommy Young. 

Pada tahun 1996 Andy kembali bergabung dengan Trio bandnya dan mengeluarkan album "ear X-tacy 2". Pada album ini Andy menampilkan vocal debutnya pada beberapa lagu dan menghadirkan bintang tamu (teman Andy): Reb Beach pada lagi "Down To The Wire". 

Selanjutnya Andy merelease album-album berikutnya berjudul: "Another Lifetime" (dengan Simon Phillips), "Orange Swirl" (lagu Beatles), "The Spoken & the Unspoken" (album solo ketiga), dan yang terbaru "And-thology 1&2" (2 CD).


0 comments:

Poskan Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger