Situs Candi Koh Ker di Kamboja

Koh Ker

Koh Ker adalah situs Angkor di sebelah utara negara Kamboja. 100 km timur laut dari Angkor sendiri,  pernah juga menjadi ibukota kekaisaran Khmer antara tahun 928 sampai tahun 944 di bawah raja Jayavarman IV dan putranya Hasavarman II. 
setelah kekaisaran Khmer didirikan di daerah Angkor (Roluos), Jayavarman IV memindahkan ibukota di tahun 928 ke timur laut hampir 100 km ke Koh Ker ini. Dan sejumlah besar candi juga dibangun di bawah pemerintahannya, sampai penggantinya kembali ke daerah Angkor sekitar dua puluh tahun kemudian.


Situs Koh Ker didominasi oleh Prasat Thom, sebuah gunung candi setinggi 30 meter, terletak di ketinggian di banding dataran dan hutan sekitarnya. Burung Garuda terukir ke dalam balok batu, masih menjaga bagian paling atas, meskipun sebagian tertutup sekarang.
Pada akhir 2011 lokasi terpencil ini begitu menarik perhatian media di seluruh dunia ketika Sotheby, sebuah rumah lelang yang mengkhususkan diri dalam perdagangan barang antik, berusaha untuk menjual patung prajurit kerajaan Khmer mitis. Pada Maret 2012 pemerintah AS dan Kamboja mengajukan dokumen pengadilan untuk merebut patung mereka yang merupakan perdagangan secara ilegal dari sebuah benda dari situs. Sebuah patung kembar, juga terkait dengan situs Ker Koh, yang dipamerkan di Museum Norton Simon di California.



Di tempat Koh Ker ada banyak Prasat atau menara tempat-tempat suci. masih menampilkan sebuah lingga yang sangat besar dan yoni yang menyediakan ruang bagi beberapa orang. wadah untuk air yang dikuduskan untuk menjalankan ritual Lingga juga dapat dilihat pada dinding luar salah satunya.  
Tiga Prasat berdiri bersebelahan, yang didedikasikan untuk Brahma, Siwa dan Wisnu. Kebanyakan dari mereka dikelilingi oleh perpustakaan, banyak juga di kelilingi parit.

Situs ini sekitar 3 jam perjalanan dari Siem Reap,fasilitas dasar bagi pengunjung sedang dibangun. Hal ini membuat Koh Ker sangat menarik bagi siapa saja yang ingin wisata sejarah di sebagian candi yang ditumbuhi oleh hutan dan hanya dihuni oleh burung.


Koh Ker script

Lingga Yoni Koh Ker





koh ker 2003

Tukeran Link | Backlink | Link Exchange

0 comments:

Poskan Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger