Keindahan Alam GRAND CANYON


Grand Canyon

View from Cedar Ridge


Grand Canyon adalah sebuah jurang tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Jurang ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Presiden Theodore Roosevelt merupakan salah satu
pendukung utama wilayah Grand Canyon, mengunjunginya dalam beberapa kesempatan untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa.

Matahari terbenam dilihat dari South Rim
Jurang ini, diciptakan oleh Sungai Colorado memotong sebuah selat selama jutaan tahun, panjangnya kira-kira 446 km, dengan lebar mulai dari 6 sampai 29 km dan dengan kedalaman lebih dari 1.600 m. Hampir dari 2000 juta tahun sejarah Bumi telah terpotong oleh Sungai Colorado dan anak sungainya lapis demi lapis sedimen ketika Dataran Tinggi Colorado mulai terangkat.

Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada 1540, García López de Cárdenas dari Spanyol. Ekspedisi saintifik pertama ke canyon ini dipimpin oleh Mayor AS John Wesley Powell pada akhir 1870-an. Powell menunjuk ke batuan sedimen yang terbuka di jurang sebagai “daun dalam buku cerita agung”. Namun, jauh sebelum masa itu, wilayah ini telah ditinggali oleh Penduduk Asli Amerika yang membangun tempat tinggal di tembok jurang ini.


Banyak ahli yang membuat teori pembentukan Grand Canyon. Salah satu teori kemunculan Grand Canyon yang banyak diyakini adalah bahwa ketika Lempeng Pasifik dan Lempengan Benua Amerika Utara bertumbukan maka terciptalah rangkaian pegunungan purba yang sangat besar dan tinggi.

Saat terjadi perubahan iklim ekstrim sekitar 1,7 Milyar tahun lalu, air laut naik ke permukaan bumi, semuanya tenggelam termasuk pegunungan purba itu. Kehidupan di atas gunung yang tenggelam pun berubah. Bagian atas pegunungan ditutupi pasir laut dan secara otomatis hewan-hewan laut pun hidup di atas pasir yang menutupi pegunungan itu.

Namun saat air laut surut, pegunungan pun muncul kembali di permukaan. Endapan pasir dan hewan lautnya tetap berada di atasnya. Lama-lama hewan-hewan laut seperti brachiopoda, koral, moluska, lili laut, atau cacing laut menjadi fosil di lapisan teratas. Grand Canyon.


Aktivitas lempeng bumi pada saat perubahan iklim ekstrim itu juga mengakibatkan terangkatnya dataran tinggi Colorado setinggi 3 mil dari permukaan laut. Sungai Colorado selama jutaan tahun mengukir dataran tinggi Colorado hingga sangat dalam, sepanjang 446 km kawasan Grand Canyon.

Dalam perjalanan menuju Samudera, sungai ini mengikis dinding tebing-tebing Grand Canyon. Hasil kikisannya banyak sekali. Sekitar setengah juta ton air dialirkan Sungai Colorado ke Samudera Pasifik setiap harinya, Hasil penelitian terbaru menyatakan bahwa bebatuan paling tua di dasar Grand Canyon berumur hampir 2 milyar tahun. Sedangkan ngarai itu terbentuk dari erosi yang diperkirakan terjadi pada 5 juta atau 6 juta tahun yang lalu.

Menurut ahli geologi meski pun bebatuan dinding Grand Canyon berumur sangat tua, namun Ngarai Grand Canyon itu secara geologi tergolong berumur sangat muda.







0 comments:

Poskan Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger