Pagoda Liuhe : Pagoda Enam Harmoni

 Pagoda Liuhe (Cina: 六和塔; pinyin: Liuhe Tǎ), secara harfiah berarti Pagoda Enam Harmoni, pagoda itu ada di selatan Hangzhou, provinsi Zhejiang, Cina. Terletak di kaki Yuelun Hill, menghadap Sungai Qiantang. Bangunan ini pada awalnya dibangun pada tahun 970 Masehi pada masa Dinasti Song Utara (960-1127), tetapi sempat hancur di tahun 1121, dan direkonstruksi sepenuhnya oleh Dinasti Song Selatan (berkuasa 1127-1279). di tahun 1165.

Pagoda ini awalnya dibangun oleh penguasa kerajaan Wuyue, beberapa yang kemudianmenjadi cikal bakal provinsi Zhejiang. Nama Pagoda Liuhe berasal dari enam tata cara Buddha dan dikatakan bahwa alasan untuk membangun pagoda tersebut adalah untuk menenangkan pasang surut Sungai Qiantang dan sebagai bantuan navigasi. Namun, pagoda itu sempat hancur selama perang pada tahun 1121.
Liuhe tahun 1900 sebelum hancur karena perang

Setelah pagoda sempat hancur, maka dibangun kembali konstruksinya dari kayu dan batu bata selama Berkuasanya Dinasti Song Selatan, ada atap eksterior tambahan yang ditambahkan selama Dinasti Ming (1368-1644) dan Dinasti Qing (1644-1911). Pagoda ini berbentuk segi delapan dan memiliki tinggi bangunan 59,89 meter (196,5 kaki), juga memiliki penampilan dengan struktur tiga belas cerita, meskipun hanya memiliki tujuh lantai interior. Ada sebuah tangga spiral mengarah ke lantai atas dan di atas masing-masing tujuh langit-langit diukir dan dicat gambar tokoh termasuk hewan, bunga, burung dan karakter lainya. Setiap kisah pagoda terdiri dari empat elemen, dinding eksterior, sebuah koridor berzigzag, dinding interior dan ruang kecil. Dilihat dari luar, pagoda tampak berlapis-terang pada permukaan atas dan bawah yang gelap. Itu adalah harmonisasi dari cahaya dan bayangan.

Liuhe Pagoda (Six Harmonies Pagoda)


Menurut sejarawan Joseph Needham, pagoda itu juga sebagai mercusuar di sepanjang Sungai Qiantang. karena memiliki ukuran yang cukup besar dan perawakan yang kokoh, untuk membantu pelaut dalam mencari pelabuhan untuk kapal-kapal mereka pada malam hari (seperti yang dijelaskan dalam Hangzhou Fu Zhi).



Sungai Qiantang

Liuhe

0 comments:

Poskan Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger