Gedung Dengan Arsitektur Terindah Di Dunia

Flatiron Building (New York)
Flatiron Building atau Fuller Building berlokasi di 175 Fifth Avenue, Manhattan, New York. Saat kelar dibangun pada tahun 1902, gedung ini sempat menjadi gedung tertinggi di dunia lho. Ada cerita unik lho soal gedung ini. Konon bentuk gedung yang berbentuk segitiga meruncing ini sering menimbulkan angin kencang yang menyibak rok-rok cewek yang lewat di depan gedung ini. Di Film ,gedung ini ternyata juga menjadi markas Daily Bugle News, tempat kerja Peter Parker si Spiderman bekerja.



Municipal Building (New York)
Manhattan Municipal Building adalah gedung setinggi 40 lantai yang beralamat di 1 Centre Street (kalo2 ada yang mau kirim parcel lebaran). Konstruksi gedung ini dimulai sejak 1907 dan kelar 1914. Gedung ini diarsiteki oleh William M. Kendall dengan gaya arsitektur Beaux-Arts. Gedung ini juga pernah menjadi lokasi syuting film “Ghostbusters” 1984. Bangunan ini satu-satunya gedung milik pemerintah di list ini ( yang lainnya milik swasta). Indonesia harus punya yang seperti ini juga harusnya.

Manhattan Municipal

Manhattan Municipal

Met-Life Tower Building (New York)
Met-Life Building atau kepanjangannya Metropolitan Life Tower terletak di Madison Avenue, Manhattan. Gedung ini didesain oleh Napoleon LeBrun dan dibangun menyerupai Campanile (menara lonceng gereja Basilica St. Mark) di Venezia, Italia. Gedung ini sempat menjadi gedung tertinggi di dunia hingga tahun 1913. Gedung ini juga terkenal karena 4 buah jam yang terletak di tiap sisi menaranya. Tiap jam memiliki diameter 8 meter dan tiap angkanya memiliki ukuran hingga 1,2 m. Bahkan jarum jamnya saja memiliki berat satu ton.

Metropolitan Life Tower

Metropolitan Life Tower

Helmsley Building (New York)
Helmsley Building adalah gedung setinggi 35 lantai yang terdapat di 230 Park Avenue. New York. Gedung ini pernah muncul di poster film Batman “The Dark Knight”. Bagian puncaknya detail arsitekturnya cukup membuat tercengang takjub akan keindahanya.

Helmsley Building Top / puncak

Helmsley Building

Woolworth Building (New York)
Woolworth Building (huh susah banget namanya) didesain oleh Cass Gilbert pada tahun 1913 atas perintah seorang pengusaha bernama Frank Woolworth yang berambisi membangun gedung tertinggi di dunia. Gedung setinggi 57 lantai ini bergaya arsitektur neo-gotik kayak gereja2 Eropa dan sempat dijuluki “Cathedral of Commerce” (Katedral Perniagaan). Gedung ini muncul di serial dalam Ugly Betty sebagai tempat Betty bekerja. Gedung ini juga muncul di film “Cloverfield” dan di klimaks film Disney “Enchanted”.
Woolworth Building

Woolworth Building

Chrysler Building (New York)
Chrysler Building adalah contoh klasik gedung bergaya arsitektur art-deco yang terletak di Turtle Bay, Manhattan, New York. Gedung setinggi 319 m ini pernah menjadi gedung tertinggi di dunia, ngalahin Menara Eiffel (wah, keren), sebelum akhirnya dikalahin oleh Empire State Building pada tahun 1931. Namun, gedung ini masih menjadi gedung batu bata (non-beton) tertinggi di dunia. Gedung ini didesain oleh William van Allen atas perintah seorang pengusaha bernama Walter P. Chrysler.

Chrysler Building

Chrysler Building

Wrigley Building (Chicago)
Wrigley Building terletak di Michigan Avenue, Chicago, tepat di sebelah Tribune Tower. Gedung ini didesain oleh Graham Anderson pada tahun 1920 dengan meniru bentuk menara Giralda di Katedral Seville, Spanyol. Gedung ini juga menjadi satu-satunya gedung berkonsep arsitektur Moorish khas Islam pada list ini. Gedung ini memiliki menara jam setinggi 190 m (30 lantai) dengan jam berdiameter hampir 6 m di tiap sisinya.
Wrigley Building

Wrigley Building

Jewelers Building (Chicago)
35 East Wacker Building atau Jewelers Building adalah gedung setinggi 40 lantai (159 m) di Chicago, Amerika Serikat. Gedung ini terletak di Wabash Avenue dan berhadapan langsung dengan Sungai Chicago. Gedung dibangun pada tahun 1925-1927 dan didesain oleh Joachim G. Giaver dan Frederick P. Dilkenberg. Bangunan ini pernah lho menjadi bangunan tertinggi di dunia di luar Kota New York. Gedung ini juga pernah muncul sebagai setting film “Batman Begins” dan di klimaks film “Transformer 3: Dark of The Moon”.

Jewelers Building

Jewelers Building

Temple Building (Chicago)
Chicago Temple Building adalah gedung setinggi 23 lantai (173 m) yang terletak di 77 Washington Street, Chicago dan menjadi markas kongregasi Gereja Metodis. Bangunan ini rampung 1924 dan didesain oleh Holabird & Roche dengan gaya arsitektur neo-gotik. Bangunan ini satu-satunya gedung di list ini yang digunakan untuk fungsi keagamaan.
Chicago Temple Building

Chicago Temple Building

Tribune Tower (Chicago)
Tribune Tower adalah sebuah bangunan bergaya neo-gotik yang terletak di North Michigan Avenue, Chicago dan dianggap sebagai salah satu landmark kota tersebut. Gedung yang selesai dibangun pada 1925 ini memiliki keunikan, yaitu pada lantai dasarnya terdapat fragmen atau pecahan batu dari berbagai lokasi terkenal, seperti Taj Mahal, Hagia Sophia, Piramid Giza, Notre Dame, Kuil Parthenon Yunani, Tembok Besar Cina, Tembok Berlin, Angkor Wat, bahkan pecahan baja WTC hingga batu bulan. Gedung ini juga mungkin tidak asing buat penggemar Transformers soalnya pernah dijadikan ajang duel Autobots dan Decepticons di Dark of The Moon.

Tribune Tower

Tribune Tower

0 comments:

Poskan Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger