Reruntuhan Kuno Palenque di Meksiko (Palenque Ruins)

palenque ruins


Palenque adalah negara kota Maya di Meksiko selatan yang berkembang di abad ke-7. 
Palenque dimulai dari tahun 100 SM sampai kejatuhannya sekitar 800 AD. 
Setelah kemunduran itu Palenque hanya terjebak ke dalam hutan, yang terdiri dari cedar, mahoni, dan pohon sawo, tetapi telah digali dan dipulihkan dan sekarang menjadi situs arkeologi terkenal menarik ribuan pengunjung. 
Terletak di dekat Sungai Usumacinta di negara bagian Meksiko, Chiapas, terletak sekitar 130 km (81 mil) selatan Ciudad del Carmen sekitar 150 m (164 yd) di atas permukaan laut. 
Iklim tetap pada 26 ° C kelembababanya (79 ° F) dengan curah hujan sekitar 2160 mm (85 in).
Palenque adalah sebuah situs berukuran sedang, jauh lebih kecil dibandingkan situs besar seperti Tikal atau Cop├ín, tapi mengandung beberapa arsitektur terbaik, patung, sisir atap dan relief ukiran bahwa Maya. 
Sebagian besar sejarah Palenque telah direkonstruksi dan di terjemahkan dari membaca tulisan hieroglif pada banyak monumen; sejarawan sekarang memiliki urutan panjang dari dinasti yang berkuasa Palenque pada abad ke 7 dan pengetahuan luas tentang persaingan kota-negara dengan negara lain seperti Calakmul dan Tonina. 
Penguasa yang paling terkenal dari Palenque adalah Pacal yang Agung yang makamnya ditemukan dan digali di Prasasti Kuil .


Sejarah
Banyak sejarah Klasik Awal kota masih menunggu para arkeolog. Namun, dari sejauh mana situs disurvei dan referensi ke penguasa Klasik Awal dalam catatan inscriptional dari Classic Akhir, adalah sejarah Palenque lebih lama dari ini yang kami tahu. 
Fakta bahwa ajaw awal (raja atau penguasa) dan makhluk mitologis menggunakan berbagai mesin terbang sebagai lambang dalam tema mereka memang menunjukkan sejarah awal yang kompleks. 
Misalnya, K'uk 'B'ahlam, seharusnya pendiri dinasti Palenque, disebut Ajaw Toktan dalam teks Kuil Palang foliated.


Temple of  Inscrption


The Temple of Inscriptions (Kuil Prasasti).
Kuil Prasasti mungkin merupakan struktur yang paling signifikan di situs ini dikarenakan mengandung makam Pakal yang Agung, penguasa terkuat Maya Palenque, yang menyuruh untuk melakukan pembangunan kuil ini yang akan dimulai setelah kematiannya. 
Tangga dari puncak piramida sampai ke makam itu ditemukan oleh Alberto Ruz pada tahun 1952. 
Dia memecahkan misteri lubang-lubang di batu penjuru tangga yang telah membingungkan para arkeolog selama 112 tahun, sejak Stevens dan Catherwood "menemukan" Palenque pada tahun 1840.

Makam Pacal (Pacal Tomb)
Tangga turun secara vertikal 80 meter untuk ruang pemakaman Pakal di mana sebuah lempengan batu besar dengan hiasan ukiran digunakan untuk menutup makamnya. 
Kelembaban di bawah sini sangat kental, dan seperti dinding-benar menangis karena Pakal dimakamkan. 
Izin khusus diperlukan untuk mengunjungi bagian interior Kuil Prasasti.











Source : wikipedia.org
http://www.locogringo.com/chiapas/palenque.cfm

0 comments:

Poskan Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger