50 Perusahaan Yang Mengubah Dunia

Dengan seiringnya perkembangnya jaman, banyak sekali perusahaan- perusahaan yang berdiri di kota kota besar di setiap negara di dunia ini. 


Tapi tahukah anda perusahaan-perusahaan yang  sangat berjasa bagi kemajuan teknologi didunia ini?

Inilah perusahaan-perusahaan tersebut :

1.East India Company (1600) :



Perusahaan Hindia Timur Britania (bahasa Inggris: British East India Company), kadangkala disebut sebagai John Company, merupakan sebuah perusahaan saham-gabungan dari para investor, yang diberikan Royal Charter oleh Elizabeth I pada 31 Desember 1600, dengan tujuan untuk menolong hak perdagangan di India. Royal Charter (Piagam Kerajaan) secara efektif memberikan perusahaan yang baru berdiri ini sebuah monopoli dalam seluruh perdagangan di Hindia Timur. Perusahaan berubah dari sebuah gabungan perdagangan komersial ke salah satu yang memerintah India ketika perusahaan ini mengambil fungsi pemerintahan dan militer tambahan, sampai pembubarannya pada 1858.



Adam Smith menulis, "Perbedaan antara konstitusi Britania yang jenius yang melindungi dan memerintah Amerika Utara, dan dari yang perusahaan perdagangan menekan dan mendominasi Hindia Timur, tidak dapat mungkin dapat digambarkan dari perbedaan "state" dari negara-negara tersebut."

2. Amsterdam Exchange Bank (1609) :


Amsterdam Exchange Bank adalah bank clearing house pertama di Belanda pada abad ke - 17. Inilah masa "Zaman Keemasan" ketika Belanda menyaksikan berkembangnya budaya besar dan Amsterdam menjadi pusat komersial dunia. "Uang Bank" membebaskan para wirausahawan dan mata uang dari batas-batas nilai intrinsiknya, dan menciptakan transfer dana yang bukan-tunai, yang menopang kegiatan usaha para pedagang dan perusahaan bermodal patungan.

3. Coalbrookdale Company (1717) :


1 comments:

Anonim mengatakan...

komplit gan..

Poskan Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger