Situr Arkeologi Ellora Yang Menakjubkan

Ellora Caves

Ellora juga dikenal sebagai Ellooru, yang merupakan sebuah situs arkeologi di India, terletak 29 km (18 mil) baratlaut kota Aurangabad di negara bagian Maharashtra,India. Situs menakjubkan ini  dibangun oleh dinasti Rashtrakuta.
Situs ini amat sangat terkenal karena memiliki gua yang monumental, sehingga Ellora masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Ellora merupakan lambang arsitektur Rock - Cut dari India yang memiliki keindahan 34 gua , yang sebenarnya struktur gua digali keluar secara vertikal dari bukit Charanandri.

Potongan batu Candi Buddha, Hindu dan Jain serta vihara dan mathas dibangun antara abad ke-5 dan abad ke-10. Gua 12 Buddha (gua 1-12), Gua 17 Hindu (gua 13-29) dan Gua 5 Jain (gua 30-34), dibangun dalam jarak yang dekat, menunjukkan kerukunan beragama yang lazim selama periode sejarah India. Situs ini menjadikan sebuah monumen ini dilindungi di bawah Survey Arkeologi India.

GUA BUDDHA ELLORA
  • Gua-gua Buddha (juga disebut Gua Vishvakarma) adalah awal dari Gua Ellora, berasal dari tahun 500-750 AD. Semua kecuali satu yaitu vihara (biara), yang digunakan untuk studi, meditasi, ritual komunal, makan dan tidur
  • Gua menjadi lebih besar dan dihiasi dengan lebih rumit saat semakin ke utara, yang terus meningkat untuk bersaing dengan Hindu untuk patronase
Gua Budha
Pintu masuk Gua Budha Ellora


GUA HINDU ELLORA

  • Dibuat selama masa kemakmuran dan kebangkitan Hindu, gua-gua Hindu merupakan gaya yang sama sekali berbeda dilihat dari segi kreatifitas dan keterampilan, daripada gua Buddha ellora
  • Candi-candi Hindu yang diukir dari atas ke bawah dari beberapa generasi sangat diperlukan perencanaan dan koordinasi untuk mengambil bentuk seperti itu. Ada 17 gua semuanya, yang diukir antara tahun 600 sampai 870 AD. Mereka menempati bagian tengah kompleks gua, dikelompokkan di sekitar kedua sisi Kuil Kailasa yang terkenal
  • Berbeda dengan Gua Buddha tenang dan khidmat, di dinding gua-gua Hindu tercakup relief yang menggambarkan peristiwa dari Kitab Suci Hindu. Semua gua didedikasikan untuk dewa Siwa, tetapi ada juga beberapa gambar dari Wisnu dan berbagai inkarnasi nya
Gua Hindu ellora


GUA JAIN ELLORA












  • Gua Jain, berasal dari tahun 800 dan 900-an,  2 km sebelah utara menyusuri jalan aspal (becak tersedia). Mereka mencerminkan kekhasan filsafat Jain dan tradisinya, termasuk rasa asketisme yang dikombinasikan dengan hiasan rumit
  • Gua ini tidak besar dibandingkan dengan Gua lain, tetapi mengandung karya seni yang sangat rinci. Banyak gua-gua Jain memiliki lukisan kaya di langit-langit, dengan fragmen yang masih terlihat
Gua Jain Ellora

berikut beberapa photo dari  Situr Arkeologi Ellora Yang Menakjubkan
























0 comments:

Posting Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger