Saat Didiagnosis Kanker, Banyak Pasien yang Ingin Bunuh Diri



Risiko bunuh diri dan kematian akibat penyakit kardiovaskular meningkat secara tiba-tiba setelah adanya diagnosis kanker. Banyak pasien yang ingin bunuh diri setelah didiagnosis kena kanker.

Berdasarkan penelitian 6 juta orang Swedia yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine, seminggu setelah didiagnosis kanker, pasien memiliki kemungkinan 12,6 kali lebih banyak melakukan bunuh diri daripada orang-orang berlatar belakang sama namun bebas kanker.

Pasien yang baru didiagnosis kanker juga 5,6 kali lebih banyak meninggal karena serangan jantung atau komplikasi kardiovaskular lainnya dalam 7 hari pertama.

"Kita harus berasumsi bahwa ini adalah dampak psikologis dari berita tersebut," kata Dr. Ilan Wittstein, ahli jantung di John Hopkins University School of Medicine di Baltimore yang tidak terlibat dalam studi seperti dilansir dari LA Times, Kamis (5/4/2012).

Menurut Wittstein, ini bukanlah data yang menunjukkan adanya kanker namun stres fisik akibat kanker-lah yang menyebabkan orang meninggal.

"Mereka adalah orang-orang yang baru didiagnosis dan dalam waktu yang sangat singkat meninggal karena penyakit jantung, jauh sebelum pengobatan kankernya dimulai," katanya.

Peneliti memeriksa catatan 6.073.240 orang yang lahir di Swedia dan mengaitkannya dengan daftar Cancer, Causes of Death and Migration nasional. Karena setiap orang memiliki nomor identifikasi yang unik, peneliti pun bisa memilih siapa saja yang mendapatkan diagnosis kanker dan mencari penyebab kematiannya.

Peneliti menemukan bahwa risiko bunuh diri atau kematian akibat penyakit kardiovaskular meningkat dalam minggu-minggu pertama, ketika stres karena diagnosis berada pada tingkatan tertinggi namun kembali datar selama beberapa bulan.

Setelah setahun, risiko bunuh diri bagi pasien kanker 80 persen lebih tinggi daripada pasien penyakit selain kanker dan resiko kematian akibat penyakit kardiovaskular meningkat hingga 20 persen.

Jenis kanker serius lainnya tampaknya akan dikorelasikan dengan risiko bunuh diri tertinggi. Sebagai contoh, pada 12 minggu pertama, risiko bunuh diri diantara pasien kanker paru-paru 12,3 kali lebih tinggi, sementara bagi pasien kanker kulit hanya 1,4 kali lebih tinggi. Pola yang sama juga berlaku untuk kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Bahaya yang terjadi dalam minggu-minggu pertama itu juga muncul lebih tinggi pada pasien muda. Misalnya, pasien berusia di bawah 55 tahun memiliki risiko akibat kematian kardiovaskularnya meningkat 11,9 kali selama empat minggu pertama setelah didiagnosis, dibandingkan dengan pasien berusia 65-74 tahun yang risikonya naik hanya 5,2 kali lipat.

Ini mungkin karena sebagian pasien yang lebih tua sebelumnya memiliki kondisi jantung yang lebih baik dan lebih waspada terhadap masalah kardiovaskular, kata peneliti.

"Dampak psikologis dari diagnosis kanker mungkin lebih besar dari apa yang didokumentasikan di dalam studi ini," kata peneliti senior Unnur Valdimarsdottir, ahli epidemiologi di University of Iceland di Reykjavik.

Ia pun mencatat bahwa peneliti hanya menghitung kematian, bukan kerusakan yang tidak terhitung dari serangan jantung yang tidak mematikan dan usaha bunuh diri yang gagal.

Namun penemuan ini tetap menunjukkan bahwa sebelum kesehatan pasien dikompromikan dengan kemoterapi atau dipengaruhi oleh perkembangan penyakit, diagnosis kanker mungkin dapat menyebabkan konsekuensi yang mematikan secara tiba-tiba. Risiko tersebut harus diketahui oleh para tenaga medis dan ahli kesehatan mental, kata Valdimarsdottir.

"Kami berharap bisa meningkatkan kesadaran bahwa sumber daya dari sistem perawatan kesehatan perlu diarahkan untuk hal-hal seperti ini," katanya.

Wittstein sepakat bahwa studi tersebut juga harus melibatkan ahli kanker untuk memantau gejala-gejala stres jantung pada pasien-pasiennya. Mungkin pasien juga harus segera meminum aspirin dan pengobatan rendah kolesterol setelah menerima kabar buruk tersebut.

"Kami pun jadi lebih waspada saat memperhatikan kondisi penyakit seseorang dan mungkin bahkan harus memperlakukan mereka secara profilaktik," kata Wittstein.


(source: detikhealth.com)

1 comments:

KISAH SUKSES IBU HERAWATI mengatakan...

Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA, awalnya saya ragu dan tidak percaya, tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI ZYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda. jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat Di website/internet ««KLIK DISINI»» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.


PESUGIHAN MENGUNAKAN MINYAK GHAIB

PENARIKAN UANG MENGGUNAKAN MUSTIKA

BUAYER ANTIQUE/MUSTIKA

RITUAL TOGEL/LOTREY

Poskan Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger