7 Batu Meteor Besar Yang Pernah Menghantam Bumi

Meteor Willamette, USA
Perkiraan berat: 15,5 ton
Willamette
dimensi 7,8 meter persegi dan memiliki berat 15,5 ton, Meteor Willamette adalah meteorit terbesar yang ditemukan di AS, meteor yang terdiri dari besi sebanyak 91% dan nikel 7,62%. diawetkan di situs aslinya di Oregon,USA.

Penemuan Willamette dilakukan oleh Ellis Hughes pada tahun 1902. Menyadari arti pentingnya, Hughes menghabiskan waktu tiga bulan kerja paksa untuk memindahkan meteorit sejauh ¾ mil dari area yang dimiliki oleh Oregon Iron and Steel Company untuk mencoba mengklaim itu sebagai miliknya. Dia tertangkap. Namun, meteorit itu kemudian dibeli seharga $ 26.000, kemudian ditampilkan di American Museum of Natural History.

Dua anak laki-laki duduk di Willamette, Photo tahun 1911


Meteor Mbosi, Tanzania
Perkiraan berat: 16 ton  
Mbosi, Tanzania
Meteor ini secara resmi ditemukan pada tahun 1930, meskipun pada waktu itu meteor ini diyakini sebagai batu suci bagi masyarakat adat disana. Mbosi adalah meteorit raksasa yang berada di Tanzania, sepotong besar logam yang diperkirakan mencapai berat 16 ton. Seperti banyak meteorit lainya, tidak ada tanda-tanda kawah akibat benturan pada permukaan Bumi, yang mungkin menunjukkan bahwa meteor tersebut menggelinding seperti batu besar setelah mendarat atau hanya menegaskan bahwa batu itu telah di sini selama ribuan tahun.


foto Meteor Mbosi tahun 1967

Kembali pada tahun 1930, Mbosi hanya setengah terlihat, terkubur di dalam tanah, saat ini tanah di sekitar itu telah digali dan dibangun alas pondasi di bawahnya, meskipun posisi semula seharusnya tetap dipertahankan.
















Meteor Agpalilik, Greenland 
Perkiraan berat: 20 ton
meteor Agpalilik

Ditemukan pada tahun 1963 oleh Vagn F. Buchwald, Agpalilik adalah bagian utama dari empa meteorit di Greenland Cape York meteorit dan dapat dilihat di Museum Geologi di Kopenhagen.
meteorit Cape York dari mana Agpalilik ini berasal menabrak bumi hampir 10.000 tahun yang lalu dan merupakan salah satu meteorit besi terbesar di planet ini. Selama berabad-abad, Inuit yang tinggal di dekat potongan sebelumnya menggunakan mereka sebagai sumber logam untuk peralatan dan senjata, sebelum cerita-cerita tentang keberadaan mereka menusuk telinga para ilmuwan kembali pada tahun 1818. Antara 1818 dan 1883, lima ekspedisi berangkat untuk melacak sumber besi itu, yang semuanya gagal. 

proses pemindahan Agpalilik



Meteor Bacubirito, Meksiko
Perkiraan berat: 22 ton
Meteor Bacubirito
Besarnya meteor Bacubirito tidak diragukan lagi, meteor terbaik di Meksiko dan salah satu objek angkasa terbesar yang bertabrakan dengan Bumi dan berhasil selamat. Diperkirakan beratnya 22 ton,empat meter panjang, berupa lempengan besi dan dipajang di Centro de Ciencias de Sinaloa di Culiacan.
Bacubirito ditemukan oleh ahli geologi Amerika Gilbert,yaitu Ellis Bailey pada tahun 1892 yang telah dikirim oleh Chicago jurnal Interocean ke Amerika Tengah dan Selatan,dan digali dengan bantuan masyarakat setempat. Seperti semua meteorit, meteorit itu dinamai sesuai tempat di mana ia ditemukan.

Penggalian meteor Bacubirito tahun 1863


Meteor Ahnighito, Cape York, Greenland 
Perkiraan Berat: 31 ton
meteor ahnighito
meteorit terberat yang pernah dipindah oleh manusia. Rumor dari Greenland telah mencapai kalangan ilmiah pada tahun 1818, tapi itu sebelum penjelajah Kutub Utara asal Amerika, Robert E Peary akhirnya menemukan sumbernya dengan bantuan pemandu lokal tak bernama. Meteor Ahnighito ini berdimensi 12,1 meter dan berbentuk persegi. 

proses pemindahan ahnighito ke kapal

Meteor El Chaco, Argentina
Perkiraan berat: 37 ton
El Chaco

El Chaco ditemukan pada tahun 1969 pada kedalaman 5 meter, ditemukan dengan menggunakan detektor logam, meskipun sekitarnya kawah yang diperkirakan ada sejak 4,000-5,000 tahun yang lalu, dan sudah dilaporkan tahun 1576 dan sudah dikenal oleh penduduk asli daerah tersebut. pada tahun 1990 seorang perwira polisi setempat Argentina menggagalkan plot oleh pemburu meteorit Robert Haag untuk mencuri El Chaco, yang pada saat itu sudah dipindahkan ke luar negeri. 

El Chaco


Meteor Hoba, Namibia 
Perkiraan berat: 60 ton

Meteor Hoba
Ukuranya 6,5 meter persegi, 60-ton logam ini diyakini telah diperlambat oleh atmosfer bumi ke titik di mana ia jatuh ke permukaan dengan kecepatan, yang meninggalkannya utuh dan nyaris tidak terkubur di dalam tanah. Diperkirakan telah mendarat kurang dari 80.000 tahun yang lalu, Hoba terdiri dari sekitar 84% besi dan nikel 16%. Karena massa yang besar, meteor itu tidak dipindahkan dari tempat tersebut sejak ditemukan pada tahun 1920 oleh seorang petani yang akan membajak ladangnya, yang mendengar gesekan keras sebelum lembu penarik bajaknya terhenti tiba-tiba

Hoba pada tahun 1930

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger