Aizanoi - Kota Kuno Yang Bersejarah Dari Turki

kuil zeus di aizanoi

Aizanoi adalah sebuah kota kuno di bagian barat Anatolia. Terletak di tempat yang sekarang disebut dengan Cavdarhisar, provinsi Kütahya. Aizanoi terletak di dekat sungai Penkalas, sekitar 1.000 m (3.300 kaki) di atas permukaan laut. Kota ini merupakan pusat politik dan ekonomi yang penting di zaman Romawi,  Kuil Zeus masih terawat baik,situs teater-kompleks yang berbentuk stadion, dan adanpula macellum  yang ditulis dengan Dekrit Diocletian. Kota ini jatuh ke penurunan Antiquity Akhir. pada tahun 2012 situs tersebut diajukan untuk dimasukan ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

KUIL ZEUS
Kuil Zeus, yang terletak di atas bukit, adalah tempat suci utama dari kota kota ini. Temuan keramik menunjukkan dibuat penghuni pribumi dari era paruh pertama milenium ketiga SM. Pembangunan candi mulai pada kuartal kedua dari abad kedua Masehi. Prasasti berisi dokumen bantuan dari kekaisaran Hadrian yang berkaitan dengan pemulihan harga sewa yang belum dibayar serta euergetism dari Eurykles Marcus Apuleius. Kemudian Tatar Çavdar diukir berkuda dan ada adegan pertempuran di kuil .Kuil pseudodipteral, dengan delapan kolom di ujung dan lima belas kolom di sepanjang sisi (35 m × 53 m (115 ft × 174 ft)) kuil itu juga sempat rusak dalam peristiwa gempa bumi tahun 1970 dan sejak itu telah dipulihkan kembali.

kuil zeus

kuil zeus

kuil zeus


THEATER DAN STADION
teater-stadion dibangun berdekatan satu sama lain dan kompleks ini dikombinasikan satu sama lain, sehingga bisa dikatakan sangat unik untuk dunia kuno., dan yang memisahkan keduanya adalah bangunan yang berupa panggung. Pembangunan konstruksi dimulai setelah tahun 160 AD dan selesai pada pertengahan-abad ketiga. Prasasti ini membuktikan kebajikan dari Eurycles M. Apuleius.

theater









 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger