Kota Fatehpur Sikri (keindahan Yang Di Tinggalkan)


Adalah sebuah kota, tempat kantor dewan kotamadya Distrik Agra, Uttar Pradesh, India dan sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO.
Dibangun di dekat Sikri, sebuah kota bersejarah di India, yang pertama kali bernama Sikrigarh, yang dibangun atas perintah Kaisar Sikriwal Rajput Rajas terakhir, Kaisar Maharana Sangram Singh, pada permulaan tahun 1500.



Pada penyerangan ketujuh Akbar, Sikriwal Rajput meninggalkan istana, setelah itu Sikrigarh diganti menjadi Fateh (Kemengangan)pur Sikri. Disini, setelah ulang tahun yang kedua Jahangir pada 1571, Akbar yang berumur 28 tahun, memutuskan untuk memindahkan ibukotanya dari Agra ke Fatehpur Sikri utnuk menghormati Salim Chisti, dan memulai pembangunan sebuah kota berdinding yang terencana yang mengambil lima belas tahun ke depan dalam perencanaan dan pembangunan istana kerajaan, tempat tinggal permaisuri, pengadilan, masjid, tempat tinggal pribadi dan bangunan lainnya.
Akbar menamai kota ini Fatehabad (Fateh, adalah kata dalam Bahasa Persia yang berasal dari Bahasa Arab yang berarti "Kemenangan".), dan kemudian menjadi Fatehpur Sikri.


Ada juga cerita tentang bagaimana bisa kota ini tidak dihuni lagi, yaitu karena ada satu hal yang luput dari perhatian sang Raja: ketersediaan air.

Saat warga menyadari kondisi kekurangan air, mereka pun perlahan meninggalkan Fatehpur Sikri. Ibukota Dinasti Mughal ini pun terbengkalai hanya 10 tahun usai semuanya rampung.




0 comments:

Poskan Komentar

 

Nine Lounge Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger